Manfaat Akar Kelapa

Setelah mengulas berbagai macam organ kelapa sekarang kami akan menjelaskan manfaat dari akar kelapa untuk kehidupan kita. Tidak hanya batang dan buah kelapa saja yang berguna tetapi akar juga dapat kita pakai untuk kepentingan manusia. Akar kelapa tergolong jenis serabut karena tidak ada akar tunggang yang menancap kuat kedalm tanah.

Manfaat Akar Kelapa

Multi fungsi yang di miliki akar kelapa membuatnya sangat penting dan eman sekali jika di buang begitu saja, sebab akar kelapa banyak menginspirasi kehidupan, baik untuk teknologi dan filosofi hidup. Perlunya memahami manfaat akar tidak akan bisa di dapat jika kita tidak mencoba untuk merenung bagaimana pohon kelapa bisa kokoh kuat walau di terpa angin kencang padahal akarnya serabut dan tergolong dangkal. Yuk sekarang kita mengulas pada pokok pembahasan : 

Manfaat Akar Kelapa 

1. Akar Kelapa Untuk Kerajinan
Kerajinan tidak hanya dari batang ataupun rotan yang melilit, tetapi juga bisa kita buat dari akar kelapa. Kunci dalam pembuatan kerajinan kelapa adalah kreatifitas dan perencenaan dalam menjalankan desain bentuk kerjinan yang hendak kita buat.

2. Akar Kelapa Obat Tradisional
Negara kita banyak memliki tanaman obat-obatan termasuk salah satunya akar kelapa yang dapat di manfaatkan sebagai obat demam dan mengatasi rasa gatal pada sela-sela jari dengan cara merebusnya kemudian di minumkan. Tetapi jika di pikir-pikir mengambil akar kelapa cukup sulit dan akarnya juga kuat sehingga jika Anda malas untuk menggunakan akar kelapa Anda bisa menggunakan tanaman yang lain yang lebih mudah di dapat seperti jahe dan kunyit.

3. Inspirasi Tiang Bangunan
Anda mungkin sudah pernah dengar yang namanya teknik cakar ayam pada tiang bangunan. Awalnya saya kira itu terinspirasi pada kaki ayam, tetapi pada kenyataannya bahwa teknologi ini berawal dari terinpirasi dari pohon kelapa yang berdirih kokoh sebab akar yang di bawah lebih besar dan menacap pada tanah.

4. Kompos (Pupuk Organik)
busukan dari akar kelapa akan menjadi kompos sebab terurai oleh bakteri sehingga kandungan tanah yang berasal dari akar kelapa sangat baik untuk di gunakan sebagai bahan tanam dalm pot. Sebab unsur hara atau bahan organik di dalamnya terdapat banyak di butuhkan oleh tanaman sehingga tanaman akan subur walau tanpa di beri pupuk dari industri.

5. Penangkal Abrasi Di Laut
Alasan mengapa tuhan kita menumbuhkan banyak kelapa di sekitar pesisir pantai sebab salah satu fungsi akar kelapa untuk menjaga tanah agar tidak tergerus air dari laut yang menghempas kuat. memang pada kenyataannya pohon bakau lebih baik dalam mencegah abrasi tetapi pada perakteknya pohon kelapa leboh bermanfaat karena buahnya bisa di manfaatkan dan memperindah pantai dari pada pohon bakau.

Masih ada beberapa manfaat dari akar kelapa yang belum kita ketahui dan belum terfikirkan, jika Anda memiliki ide dalam pengembangan pemanfaatan akar kelapa bisa di masukkan pada artikel ini dengan menyebutkannya melalui kolom komentar, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. Sekian dan terimakasih. 

0 Response to "Manfaat Akar Kelapa"

Post a Comment

wdcfawqafwef